Jumat, 03 Oktober 2014

0
Review: Evercoss Elevate Y2, Octacore Dua Jutaan Berfitur Selfie



Featured
Pasar smartphone dengan prosesor delapan inti rupanya masih akan jadi tren di masa datang. Memasuki semester kedua 2014, ponsel dengan delapan  inti prosesor kini dibanderol dengan dengan harga yang kian terjangkau. Salah satunya adalah Elevate Y2 yang merupakan ponsel octacore pertama Evercoss. Dibanderol dengan harga dua jutaan, pengguna sudah bisa membawa pulang ponsel berlayar 5 inci lengkap dengan kamera belakang 13MP dan depan 5MP. Seperti apa performanya? Simak ulasan berikut:

Baca juga:
Evercoss Luncurkan Elevate Y2, Smartphone Octa-Core Pertamanya
Evercoss Elevate Y, Smartphone Premium Harga Rp1,7 Juta

Desain

Dimensi: (WxDxH) :145 x 72,5x 8,8 mm; Bobot: 153 gram
Mengusung bodi dengan material berbahan plastik, Y2 tampil elegan dengan plastik berlapis doff yang terasa kesat dalam genggaman.Sayang sekali bodi dan layar yang digunakan ternyata mudah sekali meninggalkan bekas jari. Untuk menyalakan ponsel, Anda dapat menggunakan tombol power di sisi kanan yang berdampingan dengan tombol volume.
Earset yang sudah disertakan dalam paket penjualan dapat Anda colokkan ke port audio yang menghuni bagian atas bodi. Untuk mengisi daya, port micro USB juga sudah disematkan oleh Evercoss pada bagian yang sama.

Display

5,0” IPS Panel 1280x 720 piksel (~293.72 ppi pixel density), 16M Color Grid Vertikal.
Dengan layar sentuh kapasitif IPS berdiagonal5 inchi, Y2 menyuguhkan 16 juta ragam warna dengan resolusi  HD 720p.Hasilnya, Y2 punya kerapatan piksel yang cukup tinggi pada kisaran 294 ppi. Untuk melindungi layarnya dari kemungkinan tergores, Evercoss membekali Y2 dengan kaca antigores Rhino screen.

Selain pengatur tingkat kecerahan otomatis, Y2 juga dilengkapi dengan setting economical backlight yang berfungsi untuk menghemat konsumsi daya.Dengan menggunakan aplikasi Multitouch Tester, PULSA mendapati layar Y2 sanggup menerima input sentuh hingga lima titik.

Hardware dan Benchmark

Octa Core MediaTek MTK6592, GPU Mali-450MP, RAM 1GB, 16GB Storage (6,55GB user storage), Up to 32 GB MicroSD Card
Dilepas dengan harga dua jutaan,Y2 menggunakan dapur pacu octa core buatan MediaTek yang sanggup melaju dengan kecepatan 1,7GHz.

Untuk menunjang kinerja yang bebas jeda, Evercoss juga membekali Y2 dengan RAM 1GB yang dikombinasikan pula dengan memori internal 16GB yang dapat dipakai bebas sebesar 6.55GB.Besaran RAM yang dimiliki Y2 memang masih kalah dengan ponsel octcore lain di pasaran yang umumnya sudah sebesar 2GB.

Urusan olah grafis dipercayakanpada GPU Mali-450MP. Sementara untuk pasokan daya digunakan baterai Lithium Ion berkapasitas 2.000mAh yang dapat Anda lepas sendiri.

Antutu Benchmark menilai kinerja Y2 dengan skor sebesar 29.857 sehingga sanggup mengungguli kinerjaXiaomi Redmi Note. Sementara Quadrant Standard menunjukkanskor 15.829 yang membawanya pada posisi puncak. Untuk urusan grafis, Nenamark 2 mengganjar Y2 dengan skor 44.5fps yang menempatkannya pada posisi keempat.

Perbandingan hasil Benchmark

Interface

Android 4.2.2 Jelly Bean,Scene and Theme Settings
Meski baru saja dirilis, Y2 ternyata hanya disuntikkan dengan platform Android Jelly Bean 4.2.2. Sementara ponsel pintar lain bahkan sudah mengusung platform anyar KitKat.

Urusan antarmuka, Evercoss menggunakan ikon yang sedikit berbeda dengan ikon default Android Jelly Bean. Jika Anda bosan dengan tema biru yang disajikan, Anda dapat pula menggantinya dengan tiga tema lain yang sudah disediakan.

Halaman home screen Y2 terdiri dari lima panel yang dapat Anda tambahkan ikon aplikasi, widget dan juga wallpaper.Untuk mengganti tampilan homescreen, Anda dapat memanfaatkan setting scene yang ada pada setting display.

Notification bar milik Y2 menampilkan notifikasi masuk dan juga dapat dijadikan sebagai jalan pintas untuk melakukan pengaturan koneksi Wi-Fi, data, GPS, autorotate, brightness dan bluetooth. Seperti biasa, halaman menu milik Y2 ditata dalam format grid horizontal yang dikategorikan menjadi aplikasi dan widget.

Kamera dan Video

Kamera Belakang: 13MP AF4128 x 3096 piksel, 4:3, Kamera Depan: 5.0MP; Video 1080p@30fps, geotagging, simultaneous image and video recording
Di sektor fotografi, Evercoss mempersenjatai Y2 dengan kamera berkekuatan 13 megapiksel dengan aspect ratio 4:3 di bagian belakang lengkap dengan lampu kilat untuk membantu pencahayaan.Pengguna dapat memilih mode potret auto, smile shot, continous shot hingga HDR.

Dengan fokus yang bisa dikunci, pengguna bisa mengambil gambar dari berbagai sudut tanpa kehilangan fokus objek yang dibidik.Selain fokus, Anda juga dapat mengatur white balance exposure dan ISO kamera. Pengguna juga bebas untuk memilih scene mode dan efek warna sesuai kebutuhan.

Berbekal kamera depan 5 megapiksel, Y2 juga pas untuk penggemar fotoselfie.Hasil pengabadian gambar didalam ruangan terlihat halus meski warna putihnya terlihat terlalu terang.Sementara untuk pemotretan diluar ruangan, gambar yang dihasilkan cukup dapat diandalkan.

Untuk merekam video, kamera Y2 sanggup mengabadikan gambar hingga resolusi full HD 1080p dengan kecepatan 30 frame perdetik. Video hasil rekaman disimpan dalam format 3gp dengan ukuran 5.71MB untuk durasi 4 detik.

Internet dan Konektivitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900,HSDPA 900 / 1700 / 2100, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth A2DP, MicroUSB
Sudah ditunjang dengan koneksi 3G berkecepatan maksimal 21Mbps, Y2 dapat Anda gunakan secara leluasa untuk menjelajah dunia maya. Evercoss juga sudah membekali Y2 dengan Wi-Fi dan hotspot tethering.

Dengan bekal dua slot kartu mini SIM, pengguna dapat menjelajah internet dengan kecepatan 3G baik untuk slot pertama maupun kedua. Untuk keperluan transfer data, Anda dapat memanfaatkan bluetooth atau kabel data.

Mutimedia

Video: 3GP, AVI, DiVX, M4V, MP4, MKV, WMV;Audio:AAC, FLAC, MP3, M4A, OGG, WAV
Untuk mendengarkan lagu kesukaan Anda, Y2 sudah dibekali dengan pemutar musik yang dipersenjatai dengan efek suara dan equalizer.Dengan earset yang disertakan, Anda juga dapat menggunakannya untuk mendengarkan siaran radio.

Sementara untuk menonton video, pemutar video miliknya sudah dibekali dengan kemampuan untuk menampilkan live video thumbnail sehingga dapat membantu Anda melihat preview video koleksi Anda.

Untuk kemampuan putar videonya sendiri sudah mendukung beragam format populer hingga resolusi maksimal full HD meski minus kemampuan untuk menampilkan subtitle.

Kelebihan
• Prosesor Octacore 1,7GHz
• Kamera 13MP
• Harga Lebih Terjangkau

Kekurangan
• OS masih Jelly Bean
• RAM 1GB

Kesimpulan

Sama seperti ponsel lokal lain yang lebih dulu beredar di pasar, Evercoss juga mengunggulkan prosesor berinti delapan sebagai nilai jual utama dari Elevate Y2. Paduan kamera 13 megapiksel serta 5 megapiksel juga menjadi nilai jual utama dari Elevate Y2 yang dipatok pada kisaran dua juta rupiah. Dengan mengurangi kapasitas RAM yang disematkan, wajar bila Y2 dipatok dengan harga yang lebih murah dari ponsel serupa yang lebih dulu edar di pasaran. (Galing Kusumojati)
Tagged under: evercoss elevate y2, evercoss, octacore, android, smartphone
03 Oct, 2014

-
Source: http://www.tabloidpulsa.co.id/review/17753-review-evercoss-elevate-y2-octacore-dua-jutaan-berfitur-selfie
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar: